oleh

Sejarah Berdirinya AC Milan

Salah satu klub sepak bola yang banyak digandrungi oleh masyarakat dunia adalah AC Milan. Klub sepak bola yang satu ini telah mendapat nama di hati para penggemarnya. Di samping itu, klub sepak bola ini telah mengukir banyak prestasi sejak dulu. Bagi Anda yang merupakan penggemar grup satu ini, maka tak ada salahnya untuk mengetahui sejarah berdirinya AC Milan. Di samping itu, klub sepak bola ini juga memiliki banyak lika-liku untuk bisa sampai hingga kini.

Sejarah berdirinya klub sepak bola AC Milan

Salah satu klub sepak bola asal Italia yang terkanal hingga kini adalah AC Milan. Klub sepak bola ini memiliki nama lengkap Associazione Calcio Milan S.p.A. Di samping itu juga ada beberapa nama atau julukan yang dikenal banyak orang seperti i Rossoneri atau Merah hitam, il Diavolo atau Setan, dan Casciavit atau obeng.

AC Milan didirikan pada tanggal 16 Desember tahun 1899 oleh Herbert Kilpin dan Alfred Edwards, ekspatriat Inggris dari Kota Nottingham. Merah Hitam ini sendiri dulunya didirikan sebagai klub sepak bola Milan dan Kriket.

Klub ini memertahankan ejaan dalam bahasa Inggris yang berasal dari kota mereka. Hal ini dilakukan untuk melakukan penghormatam terhadap asal-usul bahasa Inggris. Hal ini bertentangan dengan ejaan bahasa Italia, yaitu Milano. Mereka pun terpaksa menanggung rezin fasis.

Klub sepak bola ini memenangkan pertandingan Italia untuk pertama kalinya tahun 1901. Setelah itu, mereka pun memenangkan 2 pertandingan secara beruntun di tahun 1906 dan 1907.

Di tahun 1908 terjadi perpecahan pada tim ini yang disebabkan perselisihan internal karena penandatanganan tim asing. Hal ini menyebabkan terbentuknya tim lain berbasis Milan, Internazionale Milano F.C. Usai perpecahan ini, ada beberapa kejuaraan yang kembali diraih AC Milan. Beberapa pertandingan tersebut antara lain seperti berikut ini.

  1. Di tahun 1910 i Rossoneri memenangkan kejuaraan Italia. Pada tahun 1911 dan 1912 mereka kembali memenangkan kompetisi ini secara beruntut.
  2. Pada tahun 1916 tim ini berada di puncak ajang Piala federal.
  3. Pada musim berikutnya tim ini berhasil memenangkan kejuaraan daerah sebanyak 2 kali, namun gagal melaju ke jenjang nasional.

Naiknya AC Milan ke deretan tim top Eropa

Ada beberapa pencapaian yang berhasil diraih AC Milan. daftar sbobet Tim ini bahkan merangkak naik ke deretan tim top Eropa. Maka dari itu, tak heran jika il Diavolo pun berhasil melejitkan namanya di persepakbolaan Eropa. Berikut ini ulasannya.

Dekade 1950-an

AC Milan ditakuti pada dunia persepakbolaan di dunia pada dekade 1950an. Hal ini dikarenakan Casciavit memiliki trio GreNoLi. Mereka adalah pemain asal Swedia. Selain itu, pada masa ini ada deretan pemain berkualitas yang turut menyukseskan pencapaian mereka. Kemenangan paling suksesnya adalah skio 7 – 1 atas Juventus.

Dekade 1960-an

Tim ini kembali memenangkan musim 1961 sampai 1962. Pada musim berikutnya, tim ini menyandang gelar sebagai pemenang Piala Eropa untuk kali pertamanya. Hal ini juga merupakan kali pertamanya tim Italia berhasil memenangkan Piala Eropa. Meski kemenangan ini berhasil diraih, namun selama tahun 1960-an piala yang berhasil dimenangkan AC Milan mengalami penyusutan. Di tahun 1967 – 1968 tim ini berhhasil memenangkan Piala Winners. Kemudian, di musim selanjutnya klub sepak bola ini kembali memenangkan Piala Eropa kedua. Di tahun 1969, Merah Hitam memenangkan Piala Interkontunental usai mengalahkan lawannya.

Prestasi AC Milan pada tahun-tahun berikutnya hingga kini

Di tahun 1970-an hingga kini AC Milan masih menorehkan banyak prestasi. Meski sempat mengalami masa-masa sulit, namun hal ini tak menyurutkan niat mereka untuk terus melangkah. Berikut ini adalah sejumlah prestasi yang telah berhasil diraih oleh AC Milan hingga sekarang.

  1. Tahun 1970 berhasil merebut 3 gelar pada Coppa Italia serta gelar kedua Piala Winners.
  2. Meraih scudetto ke-10 pada musim 1978 – 1979.
  3. Rossoneri menjuarai serie B di musim 1980 – 1981 dan kembali ke serie A.
  4. Pada musim 1987 – 1989, Merah Hitam memenangkan Serie A serta mendapat gelar Liga Champions untuk ketiga kalinya.
  5. Pada tahun 1990, casciavit mengulangi kejayaannya pada Liga Champions.
  6. Pada masa kepelatihan Fabio Capello, AC Milan meraih masa keemasan sebagai Gli Invicibli dan Dream Team. Mereka berhasil menang pada 58 pertandingan tanpa kalah sekali pun.
  7. Saat Zaccheroni bergabung, ia membawa Milan memenangkan scudetto ke-16.
  8. Pada musim 2006 – 2007 Liga Italia, tim ini berhasil memenangkannya.

Itulah sejarah berdirinya AC Milan. Rossoneri telah dan terus melakukan banyak sekali usaha untuk membuat dirinya bisa memenangkan banyak pertandingan. Bahkan, hingga kini ada banyak pelatih yang sudah dikontrak, begitu juga dengan para pemain yang dianggap bisa untuk mengantarkan Milan menuju kemenangan dan juga puncak kejaraan seperti dulu kala.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed