oleh

Sejarah berdirinya Chelsea

Salah satu klub sepak bola yang ternama di Inggris adalah Chelsea. Klub sepak bola yang satu ini sudah mendapat nama di kancah nasional maupun mancanegara. Oleh karena itu, tak heran jika kita bisa menemukan banyak pendukung klub ini dari berbagai penjuru dunia.

Chelsea sendiri sudah lama berdiri dan hingga kini masih bertahan. Sudah ada banyak prestasi dan pencapaian yang berhasil diraihnya. Maka dari itu, tak heran jika klub yang satu ini pun digandrungi banyak orang yang menjadi pendukung setianya.

Sejarah berdirinya Chelsea F.C

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Chelsea adalah salah satu klub sepak bola ternama yang berasal dari Inggris. Nama lain yang biasa kita dengar untuk klub ini adalah The Blues. Klub ini pun memiliki sejarah tersendiri. Di tahun 1904, H.A. Mears melakukan akuisisi stadion atletik bernama Stamford dan ingin mengubahnya menjadi sebuah stadion sepak bola.

Setelah itu, H.A. Mears merencanakan untuk mendirikan klub sepak bola baru usai penawaran untuk Fulham agar memakai stadion tersebut tak diterima. Mengingat ada klub yang bernama Fulham, maka Chelsea adalah suatu kota kecil yang dekat dengan stadion tersebut. Beberapa nama dipertimbangkan, hingga pilihan pun jatuh pada nama Chelsea.

The Blues didirikan di pub The Rising Sun (yang sekarang menjadi restoran bernama The Butcher’s Hook) pada 10 Maret 1905. Klub sepak bola poker online ini pertama kali berlaga di kompetisi Football League.

Pada saat itu, seorang pemain tim nasional Skotlandia, John Robertson, ditunjuk untuk merangkap jabatan sebagai pemain-manajer The Blues yang pertama. Beberapa orang pemain dari banyak klub pun mulai direkrut agar bisa memperkuat tim. Beberapa di antaranya seperti Jimmy Windrige, Frank Pearson, Bob McRoberts, dan William “Fatty” Foulke.

Lika-liku perjalanan pertandingan Chelsea

Sebagai salah satu tim sepak bola yang sudah berdiri sejak lama, Chelsea memiliki lika – liku perjalanan selama mengikuti berbagai kompetisi dan kejuaraan. Jika Anda merupakan penggemar dan pendukung sejati tim ini, maka tak ada salahnya untuk mengetahui informasi tersebut. Ini dia ulasannya.

  • 1905

Pertandingan Chelsea yang pertama berlangsung pada tanggal 2 September 1905. Mereka bertanding melawan Stockport Country dan The Blues pun mengalami kekalahan. Sementara itu, mereka berhasil menang kandang di liga persahabatan melawan Liverpool.

Sebagai informasi tambahan, pencetak gol pertama tim ini adalah Robertson yang mengantarkan timnya menang atas Blackpool.

  • 1915 – 1920

Tim ini mendapat beberapa promosi-degragasi di Divisi Satu dan Dua Liga Inggris. Beberapa pencapaian terbaik di tahun awal membawanya sampai ke final Piala FA 1915, yang sayangnya dikalahkan Sheffield United dan waktu menyelesaikan Dividi Satu di 3 klasmen penghujung tahun 1920.

  • 1954 – 1955

Ted Droke, mantan penyerang Inggris dan Arsenal pada tahun 1952. Ia melakukan beberapa perubahan dan mendatangkan beberapa pemain dari sejumlah divisi liga amatir dan bawah. Hal tersebut membuat Chelsea mendapat trofi juara pertamanya, juara Divisi Satu pada Liga Inggris 1954 – 1955.

  • 2005

Setelah lama tak berhasil meraih pencapaian gemilang, The Blues kembali mengukir prestasi. Tim ini dilatih oleh Jose Mourinho dan berhasil menjadi pemenang Liga Utama Inggris. Bahkan, pada tahun yang sama, tim ini juga memenangkan kompetisi Piala Carling.

  • 2006 – 2007

Pada tahun 2006, Chelsea kembali menunjukkan pencapaian gemilangnya. Tim ini memenangkan Liga Utama Inggris. Tahun berikutnya, The Blues kembali mengulangi kemenangannya pada Piala Carling usai memaksa Arsenal bertekuk lutut pada mereka.

  • 2009 – 2010

Pada musim ini manajer tim ini adalah Carlo Ancelotti. Kehadiran manager baru ini mengantar Chelsea pada kemenangan pada Community Shield 2009 usai mengalahkan Manchester United pada ajang adu penalti. Kemenangan dalam segmen seperti ini menjadi yang pertama sejak tahun 1998.

Di akhir musim panas, The Blues juga menjuarai Piala FA dan Liga Utama Inggris. The Blues juga menjadi klub ke-7 yang sukses menyandang gelar Double winner. Drogba, sang striker menyabet Golden Boot. Ia menjadi pencetak gol terbanyak. Pada tanggal 9 Mei 2010, tim ini menaklukkan Wigan dengan perolehan skor 8 – 0. Dalam momen ini, Drogba berhasil menyumbang 3 gol. Chelsea pun membuat rekor menang mutlak atau 100% dari seluruh tim 4 besar Premier League.

  • 2012 – 2013

Pada tahun ini, The Blues memenangkan juara Piala FA untuk kali ketujuh serta Liga Champions UEFA.

  • 2014 – 2015

Pada musim ini, The Blues memenangkan Piala Liga dan Liga Inggris. Itulah sejarah berdirinya Chelsea dan beberapa perjalanan pada banyak pertandingan yang mereka ikuti. Jika Anda merupakan pendukung setia The Blues, mengetahui hal yang satu ini tak ada salahnya. Dengan demikian, Anda juga bisa memahami seperti apa lika-liku klub sepak bola yang satu ini dalam mencapai berbagai prestasinya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed